Friday, June 2, 2017

Ingin Mendirikan Usaha Bimbingan Belajar? Ini 8 Tips Jitunya


Beberapa waktu terakhir, persaingan untuk masuk di kampus atau sekolah unggulan sangatlah ketat. Karena itu, banyak orangtua yang memasukkan anaknya ke bimbel.

 Apabila Anda melihat peluang usaha dari fenomena tersebut, ada beberapa tips jitu mendirikan usaha bimbel yang bisa diikuti.

1. Membuat perencanaan modal


Tips jitu mendirikan usaha bimbel yang pertama adalah membuat anggaran modal. Sebelum menentukan hal-hal lain seperti kurikulum, materi, dan sebagainya, modal adalah satu hal dasar yang harus diperhatikan dengan cermat oleh mereka yang ingin mendirikan bimbel. 
Di sinilah Anda harus menentukan darimana modal didapatkan serta aspek apa saja yang akan dicover oleh modal tersebut.

2. Membuat perencanaan lokasi kerja

Pusat bimbel biasanya memiliki kantor pusat. Mengingat hal tersebut, Anda yang memiliki niat mendirikan bimbel juga harus memikirkan lokasi yang strategis sehingga pendapatan nantinya juga akan optimal.

3. Mengurus segala hal terkait perizinan

Karena menyangkut pendirian usaha dan bangunan, Anda juga perlu memperhatikan pengurusan sertifikasi perizinan. Penerapan kurikulum nantinya juga akan membutuhkan perizinan dari dinas pendidikan.

4. Menentukan perekrutan tenaga bimbel

Salah satu tips jitu mendirikan usaha bimbel yang juga penting adalah terkait ketenagakerjaan. Anda mungkin akan membutuhkan beberapa sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat memberikan pengajaran yang baik pada siswa bimbel.

5. Merencanakan kurikulum serta materi yang akan diaplikasikan

Saat ingin mendirikan usaha bimbel, Anda harus memastikan bahwa kurikulum yang nantinya dipakai telah sesuai dengan kurikulum berjalan dari pemerintah. Tidak hanya itu, pembuatan materi pengajaran juga harus menerapkan standar-standar pemerintah.

6. Menentukan strategi pemasaran dan promosi

Setelah mengurus segala hal dasarnya, kini saatnya Anda memikirkan bagaimana cara mempromosikan lembaga bimbingan belajar yang didirikan tersebut. Jika ingin maksimal, Anda bisa mencoba pemasaran dengan brosur atau pamflet sekaligus memasarkannya secara online di sosial media.
 Anda juga bisa mempresentasikan bimbel tersebut ke sekolah-sekolah. Semakin banyak dikenal, semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen.

7. Mereview segala aspek dalam bimbel

Selain dari segi kurikulum, materi, dan tenaga pengajar, Anda juga harus melakukan review kembali apakah siswa nyaman belajar serta dapat mengusai materi yang diajarkan. 
Dengan melakukan review secara berkala, Anda bisa terus menjaga dan meningkatkan kualitas bimbel tersebut.

8. Melakukan perbaikan dan inovasi

Dari hasil review, nantinya Anda bisa mengetahui apa saja aspek yang perlu diperbaiki serta aspek apa saja yang memerlukan inovasi baru. Sebagai contoh, agar tidak kalah dengan para pesaing usaha ini, Anda bisa melakukan inovasi pada fasilitas yang diberikan, metode pengajaran, dan sebagainya.
Dengan mengikuti beberapa tips jitu mendirikan usaha bimbel di atas, usaha bimbingan belajar yang dijalankan dapat terus diminati oleh konsumen sasaran. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment